Learning can be very different

Arti Sebuah Nama

Banyak yang mengira saya perempuan saat mendengar nama saya. Namun begitu melihat sosok aslinya, ternyata  pemilik nama tersebut adalah laki-laki yang cukup tampan :D. Sebenarnya nama saya ini artinya cukup netral, tapi entah mengapa yang sering memakai nama ini adalah perempuan. Tak apalah, justru nama saya menjadi tidak pasaran.

Nama saya yang sangat saya banggakan ini merupakan hadiah terindah dari ibu saya. Beliau mendapat nama ini dari kitab suci Alquran. Saat beliau membaca Alquran, beliau langsung merasa ‘klik’ dengan nama tersebut.  Nama tersebut menunjukkan keagungan Tuhan YME. Jadilah nama tersebut menjadi depan saya. Sementara nama belakang saya yang sangat berbau Jawa ini hadiah dari almarhum eyang saya. Beliau merasa kelahiran saya adalah sesuatu yang akhirnya terlaksana. Tidak heran sih, karena saya memang cucu pertama dari almarhum eyang. Mengapa harus nama Jawa? Karena eyang saya wong jowo asli Kudus lah alasannya, meskipun saya sendiri tidak bisa bahasa Jawa he he.

Jujur saja, saya sering merasa merinding bila teringat makna dari nama saya tersebut. Sepertinya saya tidak pantas menyandang nama ini. Ini karena makna tersebut pasti adalah doa dan harapan dari orangtua saya. Mereka mungkin menginginkan saya untuk selalu taat kepada-Nya dan menjauhi larangan-Nya. Saya sering merasa bersalah, terkadang sampai menangis, mengingat saya masih jauh dari harapan mereka. Saya sering mengecewakan mereka pastinya karena biar keliatannya alim kadang-kadang saya suka nakal juga. Sempat terbersit di benak saya, apa saya pantas memiliki nama ini. Karena nama ini kelihatannya menuntut “kesempurnaan”. Apa saya ganti saja nama saya dengan yang lebih sederhana? Namun saya lantas berpikir apa ada manusia yang sempurna di dunia ini? Bukankah kesempurnaan hanyalah milik Tuhan YME?

Nama adalah sebuah doa, dan saya lah yang seharusnya memantaskan diri untuk menyandang nama tersebut. Saya pikir ini adalah hal yang baik, karena nama ini dapat menjadi semacam “reminder” bagi saya untuk tetap berusaha menjadi seperti yang orangtua saya harapkan. Maka dari itu, sekalipun memungkinkan, saya tidak akan pernah mengganti nama ini. Menurut saya ini adalah nama terbaik di dunia, karena di dalamnya terkandung sebuah doa yang tulus, yang akan selalu saya coba wujudkan. 😀

12 responses

  1. grace chandra

    arsy, to be honest, i cannot read your blog because it is too “shiny”

    October 17, 2010 at 11:35 am

    • Alright Grace thank you I’ll change the background, I’m still trying to put some pictures hehe

      October 17, 2010 at 12:30 pm

  2. Mr.J

    Arsy,

    it’s a good reflection about your name, but i guess there is no perfect man on this world, only righteous man, I believe we are not perfect and we can not be perfect and we will not be perfect, however, we can learn to be righteous, and a name does not represent the man behind it, because what you are is built by what you are doing, we may have a look and the great leaders, nelson mandela, mahatma gandhi, and so on, they are become huge influence not because of their name, but because they take some action ….. ACTION speak LOUDER than words

    October 18, 2010 at 4:04 am

    • Yes Mr.Jeff. I absolutely agree with you. Action can make real change. Thank you sir 😀

      October 24, 2010 at 3:53 pm

  3. waaa..merinding yani bacanya..hehehehee…
    bner arsi..g da manusia yang sempurna..tapi karna ketidaksempurnaan itulah kita bisa belajar banyak hal…hehhehe
    oya baru tahu lo law arsi dari Jawa…( g keliatan..hehehheehee) mau kursus bahasa jawa..yuuk ma mb indah aja..hehhehee..

    oya arsi ne almat blog yn yang baru.. coment ya..
    yaniyaaku.blogspot.com

    October 20, 2010 at 11:37 am

    • haha masa sih?emang org jawa gk boleh sipit dikit ya hehe. Ok yani sip makasih ya atas komennya 😀

      October 24, 2010 at 3:57 pm

  4. arsy 🙂
    every name has its meaning. And your name is one of greatest name because it is took from Al Quran. and beside that, your parent also love Java Culture, so they include it in your name..

    upsss visit me ya:
    istisubandini.blogspot.com
    jangan buka blog yang ini, karena yang aku pakai yang blogspot..
    ok!

    October 22, 2010 at 1:16 pm

  5. You’re right mbak. Name talks a lot! 😀
    Ok mbak I’ve commented yours, thank you for the comment! 😀

    October 24, 2010 at 4:00 pm

  6. nancytan

    Just be proud of our name and make others proud because of our self… ^^

    October 27, 2010 at 1:03 am

  7. Agree Nancy, nobody’s perfect but we keep try to reach it 😀

    October 28, 2010 at 2:50 pm

  8. Mr.Josh

    tulisannya bagus mas bro.. belajar menghargai suatu pemberian…

    July 8, 2013 at 2:19 pm

  9. Hello Mr. Josh! Sorry I’ve just checked my blog again after leaving it for years hehe. Thanks Mr. Josh

    July 21, 2013 at 8:45 am

Leave a comment